Dukung Penanganan Stunting di Taput, Gracia Community Jakarta Jadi Ibu Asuh Balita Enam Bulan

Arisan kaum ibu yang tergabung dalam Gracia Community dengan ketua, Ny Sukur Nababan Boru Silaen menyalurkan bantuan bagi balita penderita stunting di Taput.

topmetro.news – Arisan kaum ibu yang tergabung dalam Gracia Community dengan ketua, Ny Sukur Nababan Boru Silaen menyalurkan bantuan bagi balita penderita stunting di Taput.

Bantuan itu ia berikan karena terpanggil untuk mendukung gerakan penurunan stunting di daerah itu.

Ketua TP PKK Ny Nikson Nababan Boru Simamora menerima bantuan senilai Rp45 juta itu di Galery UMKM Sopo Partukkoan Tarutung, Kamis (18/8/2022). Nantinya akan diberikan kepada 15 balita.

Ketua Gracia Community Ny Sukur Nababan (Tina Boru Silaen) mengungkapkan, sejak berdiri Maret 2013 silam, berawal dari arisan kaum ibu, tergerak mengemban misi sosial.

“Sudah sembilan tahun aksi sosial kaum ibu yang tergabung dalam Gracia Community terus menjalankan aksi sosial. Bukan hanya di seputaran tempat tinggal kami. Akan tetapi juga keluar,” ungkap Tina.

Ia juga mengatakan Gracia Community kerap bergerak di aksi sosial, sebagai bagian dari menyalurkan berkat yang mereka terima.

“Saya tanya adik saya, Ibu PKK Satika, apa yang perlu didukung di Taput. Nah kebetulan ada program penanganan stunting yang sangat gencar. Itulah yang menjadi awal kami ingin membantu penurunan angka stunting di Taput,” ucapnya.

Lebih lanjut Tina mengungkapkan, untuk memulihkan balita agar kembali normal, butuh waktu selama 6 bulan. Dengan biaya per balita sekira Rp450 ribu. “Kita akan jadi ibu asuh 15 balita selama enam bulan,” katanya.

Semangat Satika

Pada kesempatan itu, Tina menyampaikan apresiasi juga mengakui semangat Ketua PKK Satika Simamora. Karena aktif ikut membantu Bupati Taput dalam membangun daerahnya.

“Kami hampir mirip sifatnya, keras, dan ingin sempurna. Tapi semuanya agar apa program berjalan dengan baik,” katanya.

Ketua TP PKK Satika Simamora pun menyampaikan apresiasi atas bantuan kaum ibu yang tergabung dalam Gracia Community. “Saya salut dengan ibu dari Gracia. Sudah suaminya memiliki jabatan dan karir yang hebat. Namun tetap bisa memikirkan aksi sosial kepada yang butuh sentuhan,” katanya.

Terlebih aksi sosial yang sangat tulus dan benar-benar sangat menyentuh kepada yang membutuhkan. “Kami sangat berterima kasih kepada ibu dari Gracia dan kakak Grace yang sudah sangat membantu kami dalam membangun Taput,” pungkasnya.

Satika meminta kepada orangtua yang anaknya menderita stunting agar mensukuri pemberian tersebut. “Banyak yang bisa dilakukan untuk membantu gizi anak. Tidak perlu mahal. Akan tetapi apa yang ada di pekarangan bisa kita manfaatkan,” pintanya.

Kadis Kesehatan Sudirman Manurung mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Gracia Community. “Saya akui kegiatan ini fenomenal. Terima kasih Ibu Sukur dan juga Pak Sukur yang sangat peduli pada Taput dengan menyalurkan bantuan rumah bedah, mendukung infrastruktur melalui dana APBN,” katanya.

Sudirman juga mengakui peran Ketua PKK Satika Simamora dalam mendukung pemberdayaan serta penuntasan angka stunting hingga ke kecamatan cukup intens.

“Ibu Bupati kami sangat aktif sebagai mitra pemerintah membantu kami melalui PKK, Dekranasda, Yayasan Kanker. Hingga Bunda PAUD. Kami akan berupaya menekan angka stunting hingga ke lima persen,” ucapnya.

Selain menyerahkan donasi ke balita stunting, Gracia Community juga menyerahkan bantuan beasiswa kepada mahasiswa UCLA Rp30 juta. Serta bantuan pembelian sampan Rp12,8 juta ke Desa Sitiotio Asahan.

Rombongan Gracia Community yang hadir antara lain Ny Otto Hasibuan (Nora Boru Damanik, Ny Nurdin Tampubolon (Lina Boru Tobing), Renata Boru Sihombing, Ny Jimmi Simanjuntak (Desi Boru Sagala) Risma Tampubolon, Sisil, dan Tetty Situmorang.

Agenda tersebut semakin meriah dengan kehadiran artis Jatibening, menampilkan Maria Simorangkir, Putri Siagian, dan lainnnya.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment